Hari Ini Wisatawan di Bali Dilarang Mendekati Pantai

nasional-baliBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Bali, melarang para wisatawan berlibur mendekati pantai terkait adanya potensi tsunami di seluruh perairan di Indonesia.

“Untuk hari ini kami melarang para wisatawan dan masyarakat melakukan aktivitas di dekat pantai untuk mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Badung Nyoman Wijaya di Mangupura, Kamis (3/4/2014).

Hal itu dilakukan terkait dengan peringatan dari Badan  Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) usai gempa bumi berkekuatan 8,2 skala richter (SR) di lepas pantai Cile.

Untuk di Bali, kata Wijaya, diperkirakan daerah yang terkena dampak tsunami status waspada meliputi Kota Denpasar, yaitu di Pantai Sanur, Kabupaten Karangasem bagian Selatan, Kabupaten Klungkung, dan Nusa Penida.

Selanjutnya Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Badung yang meliputi Pantai Kuta.

Selain itu, Wijaya juga mengatakan, pihaknya juga sudah memberikan imbauan dengan melayangkan surat dan telefon kepada pengelola hotel dan asosiasi hotel di Bali agar turut serta menginformasikan hal itu kepada masyarakat dan para wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Dewata.

Sementara itu, jika terjadi bencana tsunami nantinya BPBD akan menggunakan hotel-hotel berlantai tiga untuk mengevakuasi korban. Pihaknya berharap masyarakat dan para wisatawan bisa mengikuti imbauan dari BPBD untuk memperkecil adanya korban jiwa akibat bencana tersebut.

Sumber : okezone.com