Ribuan Buruh Banten Istighosah Memperingati May Day

bantenBeritaone.com | Ribuan buruh mengikuti istigosah memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Masjid Raya Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Kamis (1/5/2914). Mereka berduyun-duyun datang menggunakan peci dan baju koko. Sementara yang perempuan mengenakan jilbab. Ceramah agama disampaikan KH Ahmad Ihsan (Cepot) dan doa bersama dipimpin oleh KH Syarir Abror.

Kegiatan tahun ini berbeda dengan kegiatan buruh tahun sebelumnya yang melakukan aksi unjuk rasa. Kali ini buruh lebih memilih aksi simpatik dan bakti sosial dengan tema Mensyukuri 1 Mei sebagai Hari Libur Nasional.
Wakil Ketua LKS Tripartit Provinsi Banten Riden Hatam Azis dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di tingkat Provinsi Banten. “Kegiatan tidak hanya di provinsi, tapi di Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang,” jelasnya.
Kegiatan May Day, lanjut Riden, diisi dengan khitanan massal dan donor darah. Sementara untuk tingkat Provinsi Banten kegiatan diisi dengan santunan kepada 150 anak yatim.
Wakil Gubernur Banten Rano Karno menilai Kepres Nomor 24 tahun 2013 tentang hari buruh sebagai hari libur nasional merupakan hal yang istimewa. “Semoga dengan May Day sebagai hari buruh internasional dapat lebih bermanfaat ke depan,” ungkapnya.

Acara dihadiri Sekda Banten Muhadi, Danrem 064 Maulaya Yusuf, pejabat BPJS Ketenagakerjaan, Apindo Banten, perwakilan serikat buruh di Banten, dan pejabat SKPD di Banten.