6 Manfaat Minum Air Hangat

113922_waterKebanyakan orang lebih suka minum air dingin karena memberi sensasi segar pada tenggorokan. Meskipun sama-sama merehidrasi tubuh, tidak banyak yang tahu kalau air hangat ternyata memberi manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh ketimbang air dingin. Ini dia beberapa keuntungan dengan minum air panas atau hangat, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Membantu Turunkan Berat Badan
Minum air hangat akan membuat temperatur tubuh meningkat sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik. Metabolisme tubuh yang tinggi akan membuat penurunan berat badan berlangsung lebih cepat. Disarankan minum air hangat yang dicampur perasan dari setengah lemon ketika bangun pagi. Campuran ini akan membantu memecah adipose, jaringan di dalam tubuh yang sebagian besar berisi lemak.

2. Detoksifikasi
Ketika minum air hangat, suhu tubuh juga meningkat sehingga membuat Anda lebih banyak berkeringat. Dengan keluarnya keringat, maka toksin-toksin di dalam tubuh yang menumpuk pun ikut terbawa keluar dari sistem pencernaan.

3. Menyamankan Tenggorokan
Saat flu atau pilek, Anda disarankan minum air hangat ketimbang dingin. Ini ada alasannya. Air hangat membantu melegakan sistem pernapasan dengan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Air hangat juga meredakan gejala pilek, batuk serta sakit tenggorokan.

4. Meredakan Kram Perut
Haid hari pertama biasanya diikuti dengan perut yang terasa nyeri dan kram. Meminum air hangat bisa meringankan kram dengan cara menenangkan otot-otot perut, karena hawa panas diketahui bisa memberi efek relaksasi tak hanya dari luar tapi juga dalam tubuh. Untuk lebih membantu meredakan kram atau nyeri perut saat menstruasi, Anda juga bisa mengompres perut dengan botol berisi air panas atau handuk hangat.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan
Sulit buang air besar atau sembelit? Maka biasakan untuk minum segelas air hangat di pagi hari, saat perut dalam keadaan kosong. Kebiasaan baik ini bisa membantu membersihkan sistem pencernaan dengan menimbulkan kontraksi sehingga Anda ingin buang air besar. Air putih hangat juga membuat makanan yang tercerna lebih lancar melewati usus besar sehingga buang air besar juga lebih rutin, tanpa rasa mulas dan sembelit.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Minum air putih hangat melancarkan sirkulasi darah, yang penting untuk meningkatkan fungsi-fungsi syaraf serta otot. Sistem syaraf juga lebih sehat karena air hangat bisa memecah lemak-lemak yang menumpuk di sekitarnya, sekaligus menyingkirkan kolesterol dari dalam tubuh.