Pameran Pendidikan Lahirkan Kreativitas Generasi Muda

Beritaone.com – Medan. Pendidikan merupakan pilar pokok pembangunan bangsa, bahkan pendidikan sebagai investasi sumber daya manusia. Pembangunan pendidikan diyakini merupakan faktor kunci untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memutus mata rantai kemiskinan, pengangguran dan sebagainya. Untuk itulah dalam proses pembangunan pendidikan selalu menjadi salah satu prioritas utama. Hal ini dikatakan Walikota Medan diwakili Asisten Admninistrasi umum Ikhwan Habibi Daulay SH saat membuka acara Pameran Pendidikan Kota Medan 2015, Senin (8/6) di eks Taman Ria medan Jalan Gatot Subroto Medan.

Dikatakannya, dunia pendidikan seharusnya menjadi wadah yang tidak hanya bertugas memberikan ilmu pengetahuan serta karakter generasi muda, namun juga dunia pendidikan harus mampu menjadi ujung tombak lahirnya berbagai ide-ide pembangunan melalui riset ilmiah, pameran dan lainnya yang dilakukan oleh para generasi pelajar.

“Saya menilai pameran pendidikan sebagai event tahunan yang dilaksanakan ini memiliki arti khusus, sebab pameran pendidikan yang dilaksanakan selalu menjadi wadah strategis bagi lahirnya berbagai motivasi dan kreatifitas dari para generasi muda bangsa khususnya para pelajar Kota Medan,” ujar Ikhwan Daulay.

Menurutnya, era ilmu teknologi (IT) di mana ilmu pengetahuan tidak ada batasnya, peran kemajuan teknologi informasi telah mendorong ilmu pengetahuan saat ini bisa didapatkan dengan lebih cepat dan lebih muda, dengan referensi ilmiah yang begitu banyak, maka tidak heran sering terdengar banyak melahirkan inovasi baru diberbagai bidang pembangunan yang dipelopori oleh para pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan mahasiswa.

Ditambahkannya, Pemko Medan mendukung pelaksanaan pameran pendidikan dan berharap pameran ini menjadi media untuk terus membangun nilai-nilai kompetitif sumber daya manusia yang dimilki, terlebih sebentar lagi akan memasuki era globalisasi yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di mana daya saing merupakan salah satu faktor utama yang menentukan apakah menjadi pememang atau hanya menjadi penonton.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs Marasutan Siregar melaporkan, kegiatan pameran pendidikan ini merupakan agenda tahunan, dan kegiatan pameran ini merupakan bagian dari pembangunan citra publik sebagai wadah informasi pendidikan sekaligus memfasilitasi ruang berkompetisi bagi para anak didik dalam rangka peningkatan kualitas lulusan yang berdaya saing.

Pameran pendidikan dan ajang kreativitas siswa Kota Medan berlangsung dari 8 sampai 11 Juni 2015 diikuti olah para peserta pelajar dimulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidkan menengah dan pendidikan non formal, dengan berbagai kegiatan yakni lomba power point tingkat SMP, Festival Eskul tingkat SMA/SMK, festival tari kreasi daerah tingkat SD, pentas seni tingkat TK, Kirab Paskibra tingkat SMP, SMA/SMK.