54 Bidan PTT Kota Serang Siap-siap Diangkat Jadi PNS

SERANG – Sebanyak 54 bidan yang merupakan pegawai tidak tetap (PTT) di Kota Serang, pada tahun 2016 ini akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pengangkatan ini tindak lanjut dari kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) yang akan melakukan pengangkatan CPNS bidan PTT di tahun ini.

“Ada 54 PTT, yang kalau di Kota Serang hanya bidan. Kalau daerah lain ada juga PTT yang dokter. Mereka tersebar di 16 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Serang,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Toyalis kepada wartawan, Jumat (11/3/2016).

Toyalis mengatakan, bidan PTT diangkat dan diberi gaji oleh pemerintah pusat. Setahunya gaji bidan PTT sekitar Rp2 juta lebih. Para bidan PTT semula mendaftarkan diri ke Pemerintah Provinsi Banten lalu Pemerintah Provinsi Banten mengusulkan kepada pemerintah pusat.

“Saya juga diminta mengirimkan data PTT ke BKD, yang kemudian dikirimkan ke Kemen PAN-RB. Laporannya ke BKD pas akhir Februari lalu,” katanya.

Toyalis menambahkan, bahwa bidan PTT yang akan diangkat menjadi PNS adalah yang diangkat dari tahun 2006 sampai saat ini. Karena bila yang bekerja sejak 2005 ke bawah seluruhnya sudah diangkat menjadi PNS.

“Rencana pengangkatannya memang tahun ini, tapi kepastiannya belum tahu kapan,” katanya, seraya menambahkan tenaga kesehatan di Kota Serang untuk bidan sudah cukup, yang masih kurang adalah dokter gigi, apoteker, dan analis kesehatan.