Kecantikan Pantai Seger “Tempat Putri Mandalikan Bunuh Diri” Memang Luar Biasa

Jika berlibur ke Mandalika, jangan lupa untuk bermain ke pantai Seger. Pantai yang sangat melegenda di Lombok Tengah, di sana pemandangannya bagaikan potongan surga dunia yang memesona.

Di sini, ada banyak bukit-bukit cantik untuk dijadikan spot paling asik menikmati bibir pantai Seger dan Mandalika. Pesona yang ditawarkan adanya air laut Samudera Hindia yang sangat tenang ketika menghampiri tepian pantai. Begitu sejuk dan juga sempurna untuk berlibur.

Namun, di balik itu semua ada legenda yang sangat diyakini oleh masyarakat Lombok Tengah. Mereka yakin jika pantai Seger ini menjadi tempat bunuh diri Putri Mandalika. Seorang putri cantik yang diperebutkan oleh tiga pangeran.

Jadi, putri Mandalika itu hidup di zaman Kerajaan Mataram. Saat itu, putri ini merupakan anak dari Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Dan, kecantikannya memang terdengar sampai lima kerajaan di antaranya Kerajaan Johor, Kerajaan Lipur, Kerajaan Pane, Kerajaan Kuripan, Kerajaan Daha, dan kerajaan Beru.

Kelima kerajaan itu kemudian berlomb-lomba untuk mempersuntingnya dan hal tersebut membuat Putri Mandalika merasa gusar. Akhirnya, ia memanggil kelima pangeran di kawasan Pantai Seger sekarang, di ia menerima semua pinangan pangeran.

Kemudian tak lama dari menerima ajakan lamaran tersebut. Ia lompat dari bukit dan masyarakat segera mencarinya ke lautan. Namun, tak menemukan tubuhnya, selang berapa lama hadirlah cacing berwarna-warni. Masyarakat meyakini cacing itu sebagai sosok Mandalika dan dinamai sebagai Bau Nyale. @RIZKI