Pengaruh Hormon Bisa Membuat Lingkar Perut Anda Bertambah

Lingkar perut Anda bertambah beberapa cm, bisa jadi pertambahan berat badan disebabkan oleh hormon. Hal ini tentu berkaitan erat dengan asupan karbohidrat dan kurangnya aktivitas fisik.

Dr Samruddhi Mhatre, ahli endokrinologi, memberi penjelasan mengapa hormon dapat menambah lingkar perut Anda.

Rendahnya energi

Hormon glukagon dapat mengatur kadar gula darah. Ketika Anda mengurangi karbohidrat dan tidak mendapat cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dengan protein, tingkat glikogen Anda menjadi rendah. Hal ini berdampak pada rasa lelah dan lesu, sehingga membuat Anda malas berolahraga.

Aktif setiap saat

Hormon adrenalin dapat meningkatkan energi dan mempercepat pembakaran lemak. Namun, bila Anda terlalu bersemangan dan energik, ada ketidakseimbangan dalam adrenalin, dengan demikian lemak yang tersimpan sulit untuk berubah menjadi energi.

Berkuranganya sensitivitas insulin

Hormon adiponektin dalam sel lemak akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Melewatkan olahraga dan makan diet tinggi karbohidrat dapat menurunkan sensitivitas insulin dan adiponektin.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat menghambat kerja tiroid yang membantu pembakaran lemak. Stres memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh Anda. Jadi, jangan heran kurang tidur malah membuat berat badan menjadi meningkat. @DEWI