Tahukah Anda, Air Laut di Alor Bisa Berubah Menjadi Dingin?

Alor di Nusa Tenggara Timur sedang menjadi pembicaraan hangat karena keindahan wisata baharinya yang memukau dan eksotis. Namun, tahukan Anda jika air laut di sana bisa berubah menjadi dingin?

Ya, seperti diketahui jika Indonesia rata-rata lautnya sangat hangat dan tropis sehingga membuat biota laut pun betah. Tetapi di Alor tepanya di kawasan Desa Alor Kecil dan Pulau Kepa, airnya berubah suhu setiap tahunya.

Perubahan ini terjadi dalam periode Mei dan September dan berlangsung selama 2-3 hari, fenomena ini sungguh unik, di mana pada siang hari airnya berubah menjadi dingin, dan malam hari airnya berubah menjadi hangat.

Dilansir dari berbagai sumber, perubahan yang terjadi ditandai dengan kehadiran kelompok lumba-lumba yang muncul di selat kecil antara Pantai Alor dan Pulau Kepa. Setelah itu, mulailah terjadi penguapan air di Alor Kecil, yang menandakan jika air laut akan berubah suhu menjadi dingin.

Kejadian ini pun dimanfaatkan warga dan nelayan, di mana, ketika air dingin ikan-ikan yang berada di dasar laut akan mengapung ke permukaan karena tidak sesuai dengan suhu tubuh mereka. Dan, masyarakat pun segera melemparkan tombak dan jala untuk menangkap ikan. @DEWI