Olahraga Renang Paling Cocok untuk Penderita Asma

Aktivitas fisik yang berlebihan dan cukup berat, bisa membuat penderita asma kambuh gejalanya. Tapi, bisakah mereka olahraga untuk membangkitkan kebugaran?

Ternyata bisa kok! Tapi perlu diingat, Anda tidak boleh melakukan olahraga yang berat dan membuat napas terasa tersiksa.

“Penderita asma harus pilih olahraga yang gerakannya lebih pelan dan smooth. Banyak kok jenis olahraganya,” ujar Spesialis Respirologi Anak dr Darmawan Budi Setianto, SpA(K), ditemuii di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 2 Mei 2017.

Dia menyarankan, si penderita asma memilih olahraga renang. Ini dapat menyeimbangkan saluran napas bawah, juga gerakannya cukup santai.

“Renang bagus banget untuk penderita asma. Gerakan di dalam airnya bikin orang napasnya enggak mudah terengah-engah,” paparnya.

Tidak cuma itu, penderita asma juga masih boleh melakukan olahraga jogging, taichi, yoga, hingga aerobik. Dampaknya tidak cuma baik untuk saluran pernapasan, tetapi juga dapat mencegah penyakit tidak menular, selain asma. @BAD