Bayi Sering Menonton Video Animasi Picu Keterlambatan Bicara

Moms, jangan biarkan bayi Anda menonton video di smartphone dalam waktu lama. Atau lebih baik hindari sama sekali, karena dampaknya bikin bayi terlambat bicara.

Video animasi dalam smartphone penuh warna dan nyanyian menarik yang dirancang untuk memikat bayi sejak usia dini. Bahkan, orangtua pun memanfaatkan untuk menenangkan si kecil saat menangis.

Studi terbaru menunjukkan, semakin sering bayi menonton video di tablet atau handphone, kemungkinan besar mereka mengalami terlambat bicara, dikutipTodaysparent.

Penelitian ini dilakukan oleh para periset di SickKids di Toronto, yang mengamati sekira 900 bayi berusia enam bulan sampai dua tahun. Pada saat mereka berusia 18 bulan, 20 persen bayi menonton selama sekira 28 menit sehari.

Periset menemukan, bayi yang menonton video animasi selama 30 menit, kemungkinan 49 persen lebih cenderung mengalami penundaan bicara ekspresif.

Mencegah hal ini, The Canadian Pediatric Society mencegah bayi agar tidak menonton video animasi. Karena bayi pun akan sulit berinteraksi dengan teman sebayanya.

Tak hanya itu, bayi juga akan mengalami kecanduan menonton video tersebut. Karena itu, orangtua selalu diminta untuk menghindarkan bayi dari smartphone, mengingat banyak dampaknya. @ROMI