Bulog Pastikan Stok Beras di Serang Selama Ramadan Aman

Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Serang memastikan persediaan beras untuk bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri aman. Bulog siap memfasilitasi pengadaan jika pemerintah akan melakukan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga dan stok beras.

Kepala Bulog Sub Divre Serang, Fansuri Perbatas Rari mengatakan, bukan hanya beras yang di pastikan stok aman, namun juga ada Bawang putih, bawang merah dan Minyak.

“Kalau di Bulog Sub Divre serang, untuk beras kita cukup untuk tiga ribu ton dan itu cukup dua dari tiga bulan, gula cukup, bawang merah dan bawang putih, minyak juga ada,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (21/5/207).

Ia juga mengimbau, agar penjual rumahan untuk membeli pangan kepada bulog, hal tersebut untuk bisa memantau harga di pasaran.

“Tapi dengan catat, misalnya beli di bulog itu 37 bawang putih itu, 38 itu harga eceran tertinggi, tapi jualnya harusnya 38 tidak lebih, Semua jenis bawang putih bawang dan merah bisa beli langsung di kita, daging kerbau, gula Rp12.500 kita layani juga, kita sudah siap,” paparnya.

Bulog Serang belum melakukan operasi harga pasar, sampai saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan disperindag.

“Untuk operasi pasar, tinggal jadwal di atur,” singkatnya.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag, Tjahya Widayanti menambahkan, dulu operasi pasar itu dilakukan tidak di depan pasar tapi langsung bulog masuk ke pedangang.

“Tapi tahun ini beda, tidak seperti tahun lalu yang bulog ada di depan pasar, nanti bulog bersaing dengan pedagang di pasarnya. Bulog justru mensuplai pedagang dalam pasar, untuk bawang putih itu masih 52 itu tugas bulog, untuk memasok ke pedagang. Pedagang menjualnya seharga itu, sesuai dengan yang dihitung oleh bulog,” pungkasnya. @ROMI