Microsoft Akuisisi Perusahaan ‘Satpam Cyber’ Rp 1,3 Triliun

Jakarta – Microsoft dikabarkan sudah setuju untuk mengakuisisi sebuah perusahaan keamanan cyber bernama Hexadite dengan mahar senilai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Hexadite adalah perusahaan yang punya kantor pusat di Boston, Amerika Serikat. Namun perusahaan ini punya pusat riset dan pengembangan yang berlokasi di Israel, Jumat (26/5/2017).

Perusahaan ini adalah penyedia jasa keamanan cyber, yang berfokus pada teknologi untuk mengotomatiskan respon terhadap serangan cyber. Langkah automasi ini disebut bisa meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya bisnis.

Ada sejumlah nama besar yang tercatat sebagai investor di Hexadite, salah satunya adalah Hewlett Packard Ventures. Microsoft sampai saat ini menolak untuk mengomentari kabar ini, begitu pula dengan pihak Hexadite.

Kabar ini sejalan dengan rencana Microsoft yang diungkap pada Januari lalu. Saat itu Microsoft mengumumkan komitmennya untuk menginvestasikan lebih dari USD 1 miliar setiap tahunnya untuk penelitian dan pengembangan di bidang keamanan cyber. Dan sampai saat ini negara yang paling banyak mendapat manfaat dari komitmen tersebut adalah Israel.