Keren, Mahasiswa Indonesia Queensland University of Technology Sukses Gelar Festival Budaya IndoFair

beritaone.com – Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Indonesia Queensland University of Technology (QUT) menyelenggarakan IndoFair untuk keempat kalinya di QUT.

Kali ini, IndoFair mengusung tema Batavia Food dan Budaya Pop Jakarta. Sejalan dengan tema, IndoFair kali ini menghadirkan beberapa ikon terkenal di Jakarta, seperti ondel-ondel sebagai maskot khas kota, hingga jajanan khas seperti lontong sayur, nasi uduk, dan es cendol.

Mulai dari staf QUT, siswa lokal, siswa internasional termasuk pelajar serta masyarakat Indonesia di Brisbane larut dalam acara yang digelar satu tahun sekali itu.

Selain memboyong kekhasan Jakarta, IndoFair juga turut berperan dalam mempromosikan budaya Indonesia secara keseluruhan, bukan cuma Jakarta. Buktinya, di IndoFair ada pula pertunjukkan Tari Oleg Tamulilingan yang merupakan tarian tradisional Bali.

Suasana Indonesia juga digambarkan melalui lomba makan kerupuk. Di mana peserta yang berasal dari warga lokal dan internasional harus makan kerupuk yang digantung dan tangan mereka diletakkan di punggung. Persis permainan tradisional Indonesia yang paling populer dilombakan ketika Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Keseruan semakin larut tatkala alunan lagu-lagu Indonesia dimainkan di atas panggung seperti judul lagu Khatulistiwa-nya Zamrud feat Chrisye dan Cintaku Chrisye. Hanya saja yang berbeda dari IndoFair 2017 kali ini adalah penampilan penutupan oleh Pertunjukan Batik Fashion Show dari Nilam Sembagi, penjual busana batik dan aksesoris etnik.

Panitia IndoFair berharap kegiatan ini bisa terus dijadikan ajang berbagi dan mempromosikan budaya Indonesia. Sekaligus memperkuat persatuan komunitas internasional, persatuan siswa Indonesia di Brisbane, khususnya di QUT, Brisbane, Australia.(Iman)