Pemprov Banten Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi

beritaone.com – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan uang kadedeuh/pembinaan kepada Guru dan Siswa Berprestasi tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

Pemberian uang kadedeuh ini disampaikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Banten pada acara Apel Kesadaran Nasional yang digelar di halaman Mesjid KP3B.

Ditemui usai apel bersama, Ardius Prihantono, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayan membenarkan adanya penyerahan uang kadeudeuh tersebut.

“Uang kadedeuh yang kita sebut dengan uang pembinaan, diberikan kepada guru dan siswa berprestasi di Provinsi Banten,” jelas Ardius.

Sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dicapai telah membawa harum nama baik Banten ditingkat nasional dan internasional, sekaligus sebagai motivasi kepada yang bersangkutan.

“Ada sebelas orang pagi ini yang menerima penghargaan, terdiri dari guru sebanyak 1 orang dan siswa sebanyak 10 orang,” lanjut Ardius.

Guru atas nama Siti Nanjar, M.Pd adalah guru MAN 2 Serang, sebagai guru berprestasi tingkat Provinsi Banten. Sedangkan siswa berprestasi terdiri dari:

  1. Peraih Juara Umum Festival dan Lomba Literesi PKLK Tingkat Nasional di Pekan Baru tahun 2017, yakni: Zelda Maharani siswa tuna netra SKh YKDW 3 Kota Tangerang, Ahmad Wijaya siswa tuna netra SKh Mathlaul Anwar Pandeglang, Nanda Afriza siswa SKhN 1 Kota Serang, dan Fedya Jelila siswa SKh Anak Mandiri.
  2. Peraih Medali Emas South East Asian Junior 2017 di Thailand, yakni Rizki Aditia Dermawan  pada cabang gulat 60 Kg, dan Fauzul Adzim pada cabang gulat 50 Kg, keduanya adalah Siswa SMKN 2 Kota Serang.
  3. Juara 1 Piala Tetap Presiden RI Divisi Remaja GPJB XV atas nama Kintan Nazhavira siswi MTsN 1 Kota Serang.
  4. Juara 1 Lomba Kompetensi Siswa Madrasah (KSM) Tingkat Nasional tahun 2017, atas nama Abdurrahman Hanif siswa MAN 2 Kota Serang
  5. Juara 1 OSN SD Tingkat Provinsi Banten tahun 2017 atas nama: Adriel Hanzel Chandra siswa SDK Penabur Bintaro Jaya bidang studi matematika, dan Andias Alfitra Santoso siswa SDI Al-Azhar 15 Pamulang bidang studi IPA.

“Insyaa Allah kedepan penghargaan semacam ini akan lebih ditingkatkan bahkan boleh jadi akan diperluas bentuknya tidak hanya berupa uang namun bisa dalam bentuk barang yang dapat menunjang secara langsung terhadap peningkatan prestasi yang bersangkutan. Dengan begitu maka kebanggaan buat Banten, serta lebih semangat untuk guru maupun siswanya dalam meningkatkan prestasi”, pungkasnya.

Siswa yang berprestasi tingkat internasional memperoleh uang kadeudeuh masing-masing sebesar 7,5 jt, siswa yang berprestasi tingkat nasional masing-masing sebesar 5 jt, dan siswa yang berprestasi tingkat provinsi memperoleh uang kadedeuh masing-masing 3 jt.(Iman)