UKW, Ketentuan Yang Tidak Dapat Dihindari Wartawan

BERITAONE.com – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sudah menjadi ketentuan Dewan Pers sebagai pelaksana Undang-undang Pers. Demikian dikatan Firdaus, salah satu penguji UKW saat pelaksanaan UKW di Kota  Pagar Alam yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan dari 10 – 12 November.

Menurut Sekretaris Jenderal Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) ini, pelaksanaan UKW merupakan ketentuan yang tidak mungkin dapat di hindari oleh wartawan.

Uji kempetensi ini sangat penting bagi wartawan. “Wartawan yang kompeten dalam melakukan kerja jurnalistik adalah wartawan yang telah mengikuti uji kompensi dan dinyatakan kompeten oleh penguji,” terang Firdaus.

“Kedepan semua wartawan wajib mengikuti ujian kompetensi oleh lembaga resmi seperti di LPDS, di AJI, IJTI atau di PWI,” ujar Ketua PWI Provinsi Banten.

Sementara itu di hari kedua pelaksanaan ujian di Kota Pagar Alam, Kapolres Pagar Alam, AKBP Dwi Hartono menjadi narasumber dalam materi uji Mencari Bahan Liputan Acara Terjadual dan Wawancara Doorstop.

Menurut pria yang diberi amanah menjadi Kapolres Pagar Alam Mei lalu, untuk pertama kali dirinya terlibat langsung dalam uji kompetensi yang diadakan oleh masyarakat pers. Saya terkesan dengan kegiatan uji komptensi wartawan, dan ini merupakan pertama kalinya saya terlibat,” terang Dwi yang sebelumnya menjabat Kasubditregident Dit Lantas Polda Sumatera Selatan ini.[PAN]